Cara Aman Kecilkan Perut Setelah Melahirkan

.
Ketika seorang wanita mengandung, perubahan bentuk tubuh akan terjadi di beberapa area, yakni pinggul, perut dan dada. Meski wajar, tetapi efeknya mungkin akan terus berlanjut setelah melahirkan dan bagian perut akan tampak kendor. Lalu, bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan?

Beberapa tradisi masyarakat Indonesia punya cara unik mengecil perut pasca melahirkan. Misalkan, masyarakat Jawa lebih menganjurkan minum ramuan jamu guna memulihkan kondisi, terutama perut bisa lebih cepat ramping. Pernah minum jamu beras kencur? Yup, ramuan jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami tak hanya pulihkan kondisi pasca melahirkan tetapi mengatasi masalah perut kendor jadi kembali singset sebelum hamil.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan mengkonsumsi ramuan jamu beras kencur ternyata juga ampuh atasi infeksi di dalam kandungan. Tak perlu beli jamu gendong ataupun sachet/instan, beras kencur bisa diracik sendiri dan caranya mudah! Siapkan bahan-bahan, yakni potongan kecil daun pandan, 1 butir jeruk limau, garam, 1 sendok makan asam jawa, 125 gram gula jawa, potongan kecil kunyit, potongan besar jahe, kencur dan tiga sendok makan beras.
Cara Aman Kecilkan Perut Setelah Melahirkan

Berikut proses pembuatan jamu beras kencur:

  1. 1. Rendam beras di dalam air selama 3 jam.
  2. 2. Siapkan panci, tuangkan 3 gelas air. Masukkan daun pandan, jahe, asam jawa, kunyit dan gula jawa. Setelah air matang, segera saring.
  3. 3. Ambil jahe dan kunyit yang telah direbus, lalu giling bersamaan dengan beras dan kencur.
  4. 4. Campurkan air rebusan dari langkah nomer dua ke dalam gilingan rempah-rempah dari langkah nomer tiga.
  5. 5. Lakukan penyaringan memakai kain bersih.
  6. 6. Langkah terakhir bubuhi garam secukupnya dan perasan jeruk nipis. Tambahkan gula pasir bila kurang manis.

Selain mengkonsumsi ramuan jamu beras kencur, cara lain mengecilkan perut setelah melahirkan yaitu olahraga rutin setiap hari. Adapun manfaat lain seperti:

  • Tingkatkan kondisi kardiovaskular.
  • Kembalikan kekuatan otot.
  • Kuatkan otot-otot perut.
  • Tingkatkan energi.
  • Tingkatkan mood.
  • Hilangkan stress.
  • Pulihkan kondisi tubuh dari stress paska melahirkan.

Gerakan olahraga apa saja yang bisa dilakukan?
1. Pelvic tilt
Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari guna mengencangkan otot-otot di bagian perut. Bagaimana cara melakukan gerakan ini? Tidur terlentang diatas lantai dengan lutut ditekuk dan tangan tertidur di samping tubuh. Lalu, coba angkat panggul ke atas dalam posisi ini, tahan selama 10 menit lalu turunkan secara perlahan. Lakukan 10 hingga 20 repetisi.
2. Olahraga kegel
Gerakan olahraga yang punya banyak manfaat, cocok bagi wanita yang menempuh proses lahiran via operasi cesar. kegel bantu tingkatkan aliran darah ke setiap bagian jahitan cesar dan kembali kuatkan otot layaknya sebelum hamil.
3. Olahraga pernapasan
Duduklah dalam posisi yoga, letakkan kedua tangan di perut lalu lakukan pernapasan perut. Tarik napas dalam-dalam hingga perut terasa mengecil, tahan selama 10 detik dan hembuskan nafas perlahan-lahan.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan, jangan lupa mengatur pola makan.