10 Cara Mudah Memandikan Kucing Ras Persia

.
Bulu panjang selembut sutra merupakan ciri khas milik kucing Persia dan itu membutuhkan perawatan ekstra nan spesial. Memang, si manis bisa membersihkan dan menjilati bulu sendiri, namun pemilik perlu berikan perawatan tambahan yakni dengan cara memandikan kucing Persia.

Aktifitas ini sangat penting, terutama bila si manis sering beraktifitas di luar ruangan yang penuh kotoran dan debu. Tentu saja akan merusak keindahan dan kesehatan bulu kucing Persia. Cara memandikan kucing Persia tidak terlalu sulit, bahkan bisa menjadi pekerjaan paling menantang.

Sebelumnya, siapkan beberapa peralatan dan kebutuhan seperti: air hangat, bak mandi, sabun cair khusus kucing, handuk lembut, sisir logam dan hairdryer.

Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan secara langsung.
1. Siapkan bak mandi, tuangkan air hangat tapi jangan terlalu penuh. Tuangkan setengah sendok teh sabun cair khusus kucing ke dalam bak mandi, bila tak punya, gantikan dengan sabun cair pencuci piring.
2. Angkat kucing dan letakkan ke dalam bak mandi. Hati-hati, kucing akan meronta untuk pertama kalinya bila tak terbiasa. Agar si manis tidak melompat keluar dari bak mandi secara tiba-tiba, pegangi kucing ketika memandikannya. Hati-hati, jangan sampai bagian kepala terkena air, kucing akan terkejut.
3. Jangan langsung menyiramkan air ke tubuh kucing, lakukan secara perlahan. Tuangkan air menggunakan cangkir. Agar bulu kucing Persia tidak tampak kusut, jangan gosok bulu. Lalu, apa yang harus diperbuat? Ratakan bulu mulai dari bagian tubuh atas ke arah bawah. Jangan biarkan air masuk ke dalam hidung, mata, mulut atau telinga, kucing tak menyukainya.
4. Bila kucing sudah merasa rileks dan nyaman, coba rendamkan tubuh kucing ke dalam bak mandi selama semenit.
5. Cara benar memandikan kucing Persia yakni terus memeganginya, jangan sampai melompat keluar, lalu secara perlahan buang air dari dalam bak mandi.
6. Siapkan air hangat, isi kembali bak mandi. Cukup setengah saja, jangan sampai kepenuhan. Gunakan cangkir, tuangkan air ke tubuh guna membilas sisa sabun yang masih menempel. Gosok bulu dalam satu arah, mulai dari atas hingga ke bawah. Bila kucing merasa rileks dan nyaman, rendam tubuhnya di dalam bak mandi selama semenit.
7. Jika tak ada sisa sabun yang menempel, segera angkat kucing kesayangan keluar dari bak mandi. Buang kelebihan air yang masih terserap oleh bulu, peras dengan lembut.
8. Ambil handuk lembut, tutupi tubuh kucing Persia. Bila perlu, siapkan lebih dari satu handuk bila kelebihan air tidak bisa diserap semuanya.
9. Agar tidak kusut, siapkan sisir logam untuk menyisir bulu si manis.
10. Ambil hairdryer, atur dalam posisi terendah. Keringkan bulu pada satu bagian dulu, lakukan secara perlahan, si manis sangat menikmatinya.

Itulah sepuluh cara mudah memandikan kucing Persia. Terapkan semuanya dengan benar untuk hasil maksimal, maka bulu tetap tampak rapi, lembut, wangi dan terurai.