8 Cara Mudah Memandikan Kucing Dengan Benar

.
Memandikan kucing merupakan aktifitas yang wajib dilakukan. Memang, kucing bisa membersihkan tubuhnya sendiri, namun ada beberapa bagian yang tidak tersentuh. Beberapa penyayang kucing mungkin enggan memandikan si manis, padahal itu penting dan kucing sangat menyukai aktifitas ini. Berbeda dari hewan peliharaan lainnya, kucing tergolong hewan yang sangat sensitif dalam menjaga kebersihan.

Cara memandikan kucing tidak begitu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu pergi ke petshop ataupun salon khusus hewan. Tentu saja, ini akan menghemat waktu, uang dan tenaga. Selain itu, pemilik hewan bisa memastikan kebersihan agar lebih terjamin dan mendekatkan diri dengan si manis agar lebih akrab.

Bagaimana cara yang baik memandikan kucing? Siapkan bahan dan alat sebagai berikut!
1. Siapkan seember air dingin.
2. Sikat bulu kucing.
3. Handuk lembut.
4. Hairdryer untuk mengeringkan bulu.
5. Sisir khusus kucing.
6. Shampo khusus kucing (anti bakteri, anti jamur atau anti kutu).
7. Bola kapas
8. Parfum diformulasikan khusus kucing.

Berikut cara memandikan kucing:
1. Sebelum memandikan kucing, periksa bagian-bagian tubuh secara menyeluruh. Jamur sering terlihat pada bagian pangkal ekor, telapak kaki, lipatan paha, ketiak, dagu dan ekor. Pada bagian ujung telinga dalam dan luar sering ditemui Tungau Scabies. Sedangkan lipatan paha, ketiak, dahu, kepala bagian atas merupakan lokasi favorit kutu pinjal. Pastikan semua area tubuh terkena shampoo dan wajib disikat.
2. Setelah menyiapkan bahan, alat dan memeriksa seluruh bagian tubuh, saatnya memandikan si manis. Langkah pertama yaitu menutup lubang telinga, gunakan kapas agar air tidak masuk ketika dimandikan.
3. Siram air dingin secara perlahan ke seluruh bagian tubuh (gunakan air hangat untuk anak kucing). Biarkan air meresap hingga ke kulit agar shampoo bekerja dengan baik. Gunakan semprot air bertekanan tinggi untuk kucing berbulu lebat dan panjang.
4. Bila air sudah meresap dengan baik, berikan shampoo lalu usapkan secara merata, mulai dari kepala hingga ekor. Buat kucing merasa rileks dengan memijit tubuhnya menggunakan jari tangan. Cara benar memandikan kucing yaitu mencegah shampoo terkena area hidung dan mata, berhati-hatilah!
5. Setelah shampoo merata di seluruh bagian tubuh, bersihkan area rawan jamur dan kutu menggunakan sikat bulu kucing. Jangan menyikat bagian luka, itu akan menyakitkan kucing. Agar shampoo lebih meresap, biarkan selama lima hingga tujuh menit.
6. Bilas shampoo secara merata dengan air bersih. Periksa lagi beberapa bagian tubuh. Usapkan shampoo sekali lagi, lakukan seperti langkah sebelumnya. Kemudian bilas, pastikan tak ada sisa shampoo menempel di bulu.
7. Ambil handuk lembut, keringkan bulu kucing. Sisir bulu sambil mengerikannya dengan hairdryer. Selain mempercepat proses pengeringan, langkah ini berguna hilangkan rambut rontok.
8. Pastikan seluruh area tubuh kering sempurna sehingga meminimalisir munculnya jamur di permukaan kulit. Langkah terakhir dalam cara memandikan kucing yaitu menyemprotkan bulu dengan parfum khusus.