4 Cara Merawat Bulu Kucing Ras Anggora

.
Kucing Anggora merupakan salah satu ras populer di kalangan masyarakat Indonesia selain ras Persia. Kucing ini mempunyai bulu dan ekor mekar yang panjang, berasal dari daerah daratan Eropa, yakni Angora di negara Turki. Meski tampak menggemaskan dan lucu, beberapa orang menyebutnya sebagai ras kucing pemalas. Mengapa demikian? Bila dibanding ras lain, kucing Anggora tidak terlalu lincah, lebih suka tidur daripada beraktifitas dan tidak semua jenis makanan disukai.

Cara merawat bulu kucing Anggora penuh dengan tantangan, namun tidak begitu merepotkan. Semua bisa dilakukan sendirian, tanpa perlu membawanya ke pet shop ataupun salon kucing.

Berikut empat cara ampuh dalam merawat bulu kucing Anggora, yakni:
1. Menyisir
Bulu harus disisir setiap hari! Aktifitas menyisir tak hanya membuat si manis tampak rapi, sisir dapat menyingkirkan bulu-bulu yang sudah mati atau terlepas sehingga tak terus menempel pada tubuh. Bulu yang sudah terlepas atau mati harus dibuang segera dari tubuh karena bisa membuat bulu yang masih hidup menjadi kusut dan membentuk gimbal.
Bulu mati bisa membentuk hairball, sebuah bola bulu yang bisa tertelan ke saluran pencernaan ketika si manis menjilati bulunya sendiri. Meski hairball tergolong nama yang unik, ternyata itu berbahaya bila tidak segera dimuntahkan. Menyisir juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah sekaligus memberi efek pijat bagi si manis.

Bagaimana cara menyisir yang benar?
Menyisir merupakan salah satu cara merawat bulu kucing Anggora yang tak sulit dilakukan. Siapkan sisir khusus kucing, lalu susuri secara berlawanan arah menurut perkembangan bulu. Sebaiknya, memulai dari atas kepala, hingga turun ke ujung ekor. Tak perlu buru-buru, lakukan dengan lembut, pelan dan penuh perasaan, si manis sangat menyukainya. Pilih sisir yang bergigi agak rapat dan terbuat dari bahan logam.

2. Lap muka
Bersihkan pula bulu di area sekitar wajah agar bulu-bulu mati terangkat. Lebih baik membersihkan area wajah terlebih dahulu sebelum menyisir seluruh tubuh si manis. Gunakan lap lembut, celupkan ke air lalu diperas. Bersihkan area wajah secara perlahan di area mata, hidung dan mulut. Pegangi kucing agar tidak berontak.

3. Memandikan

Salah satu cara terbaik merawat bulu kucing Anggora, yakni memandikan. Si manis perlu dimandikan, cukup sekali dalam satu atau dua minggu. Memandikannya tak boleh asal karena wajib memakai shampo khusus kucing, terutama yang mampu mengatasi bakteri, jamur dan kutu. Memandikan kucing tak sulit, bisa dilakukan sendirian. Bila belum berpengalaman, minta bantuan orang lain untuk memegang si manis.

4. Makanan

Faktor makanan juga berpengaruh! Berikan nutrisi seimbang untuk si manis. Karena termasuk ras yang suka pilih-pilih makanan, berikan saja makanan komersial khusus Anggora yang mana diracik dengan komposisi gizi seimbang. Tak hanya memberi rasa kenyang, namun mempercantik keindahan bulu.

Cara merawat bulu kucing Anggora tidak terlalu rumit, bukan? Dengan perawatan tepat, bulu si manis tetap sehat, kuat dan bebas penyakit.